Semangat inovasi,Inovasi Perguruan Tinggi di Hari Pendidikan Nasional

 Inovasi pertama kali diperkenalkan karena keinginan untuk membuat kemajuan lebih menguntungkan. Tidak hanya itu, sektor pendidikan hanya bisa pulih jika semua sipir sistem pendidikan sepakat untuk bergerak dan bergerak dengan kemauan dan tekad yang kuat. Nadiem Anwar Makarim,

https://pixabay.com/id/photos/mempelajari-guru-siswa-5831644/
foto : ilustrasi guru dan Murid
 
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), menyatakan ketangguhan merupakan keterampilan yang harus dimiliki setiap orang saat menjalani perubahan dalam pidato di Pekan Guru Nasional (HGN) tahun 2022. Sebagai Hasilnya, tantangan tersebut secara konsisten berubah menjadi makmur dalam situasi tertentu. Menurut Mendikbud,

 “Kita harus semangat terus berinovasi untuk menciptakan perubahan dan kebaruan yang akan membawa kita maju ke masa depan.” Menteri Nadiem mengatakan, jika ada guru yang ragu melakukan perubahan dalam proses pembelajaran di kelas atau dalam menjalankan tugasnya sebagai pimpinan satuan pendidikan, hal itu harus disadari. sebagai pemimpin unit pena. Namun, tidak ada perubahan yang terjadi yang membuat kami merasa lebih nyaman dengan situasi tersebut. "Jika kamu senang, maka kamu tidak akan banyak bergerak," katanya.

Mendikbudristek juga menekankan bahwa kepercayaan diri akan memungkinkannya untuk berinovasi selama disampaikan kepada setiap anggota juri. “Saya berharap Kemendikbudristek dapat terus memperkuat dan meningkatkan produktivitas sekaligus memberikan pelayanan terbaik bagi para didik dan mahasiswanya,” ujar Nadiem.

Mengangkat tema “Serentak Berinovasi, Wujudkan Merdeka Belajar”, ​​pertemuan tahunan HGN 2022 ini terinspirasi dari semangat inovasi. Situasi saat ini tidak lebih jauh dari kerja sama yang sebelumnya dilakukan oleh seluruh ekonomi pendidikan tahun lalu.

“Ini merupakan kelanjutan dari tema tahun sebelumnya. Setelah setiap elemen runtuh dan seluruh sistem pendidikan Indonesia runtuh, kita bahu-membahu untuk berinovasi,” ujar Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Plt Dirjen GTK) Nunuk Suryani.

“Tahun sebelumnya mungkin melihat kami menyesuaikan diri dengan rutinitas kami dan menyempurnakan strategi pendidikan kami, dan tahun ini kami memberikan kepercayaan kepada semua orang yang mereka butuhkan untuk membuat inovasi untuk sektor pendidikan Indonesia,” tambahnya.

Tema HGN tahun 2021 adalah "Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan". Ini merupakan demonstrasi keselarasan dengan ajaran Kemendikbudristek dalam proses pendidikan.

Selain itu, Kemendikbudristek ingin memberikan dorongan kepada setiap aspek sistem pendidikan Indonesia, baik guru, pembimbing, sesepuh, kelompok masyarakat umum yang bergerak di bidang pendidikan, maupun masyarakat umum secara keseluruhan, untuk bersinergi untuk mendukung perluasan pendidikan pascapandemi.

Kita tahu, pandemi telah memberi banyak pelajaran bagi kita semua, bahwa bahwa bahwa untuk mendorong pemulihan pendidikan dalam kondisi darurat tersebut, kita tidak bisa berserah pada kebijakan pemerintah.

Plt Dirjen GTK ini yakin, kekuatan bersama dan gotong-royong dibutuhkan untuk bangkit dari keterpurukan. “Sekecil apa pun yang kita putuskan dengan bantuan kita, termasuk gagasan kita tentang mengajar, akan sangat bermanfaat,” tutup pernyataan yang dikutip secara optimis itu.

Ia melanjutkan, sistem pendidikan di Indonesia sudah memiliki satu prinsip utama yang dikenal dengan “Merdeka Belajar”. Dalam beberapa waktu, keadaan ini sangat membantu masyarakat Indonesia dalam upaya mentransformasikan sistem pendidikan di sana. Pokok pikiran “Merdeka Belajar” juga sangat membantu kita dalam mencari solusi atas permasalahan penanganan pandemi dan permasalahan pendidikan pascapandemi.

https://pixabay.com/id/photos/sedang-belajar-sekolah-1782430/
Ilustrasi foto : Belajar guru mengajar murid

 Sudah saatnya kita bekerja sama berinovasi menggunakan prinsip “Merdeka Belajar” yang ampuh tersebut, kata Dirjen Nunuk Suryani.

Sesuai dengan ketentuan Hari Doa Nasional 2022, Kemendikbudristek akan mengawal acara yang dijadwalkan JIExpo Kemayoran Jakarta pada Sabtu, 26 November 2022, mulai pukul 09.00 hingga matahari terbenam.

Hadir ratusan guru dari berbagai provinsi di Indonesia ikut serta dalam acara ini untuk mempromosikan acara yang akan disiarkan secara lengkap melalui saluran YouTube RI dan TVRI.

Sementara sosok muda berbakat Maudy Ayunda, Nadiem Anwar Makarim akan berbincang dengan para guru hebat. Selain itu, Allfy Rev dan Meiska Adinda, Kikan Cokelat, KILA, Gita Bumi Voices, dan MOU Dance Company juga akan tampil.

Posting Komentar untuk "Semangat inovasi,Inovasi Perguruan Tinggi di Hari Pendidikan Nasional"