5 Cara Ampuh Membersihkan Memory Penuh

 Ragam Pikiran - Tidak ideal jika memori internal ponsel Anda 100%. Aplikasi sering keluar dengan sendirinya, rawan macet, tidak dapat menggunakan fitur kamera atau video, di antara masalah lainnya.

Memory Hp
ilustrasi memory hp penuh

Overload memori internal dapat disebabkan oleh penumpukan file foto dan video, penginstalan program yang tidak berguna, atau seringnya menjalankan banyak program secara bersamaan.

Menurut halaman Avast, pengguna Android dapat mencoba metode selanjutnya untuk membersihkan memori internal dari file atau sampah yang tidak perlu dan membuatnya bersih kembali.

1. Hapus cache

Data sementara dari penggunaan aplikasi adalah cache, dan disimpan di memori ponsel. Setiap aplikasi mungkin memiliki kumpulan file cache yang berbeda.

Data cache akan bertambah dan memakan lebih banyak memori internal semakin sering Anda menjalankan aplikasi.

Pada smartphone Android, buka Pengaturan, pilih menu Aplikasi, lalu periksa cache setiap aplikasi.

Pilih aplikasi mana yang sering digunakan, lalu pilih clear cache untuk meningkatkan performa pada smartphone.

2.Hapus data

Menghapus data berarti menghapus semua data dan pengaturan aplikasi yang telah disimpan di ponsel. Aplikasi dapat diatur ulang ke pengaturan default saat data dihapus.
Misalnya, jika Anda memilih untuk menghapus semua data WhatsApp Anda, semua riwayat obrolan, panggilan telepon, serta file foto dan video Anda juga akan dihapus.
Ruang memori internal dapat dibersihkan menggunakan teknik ini, yang juga dapat mengatasi aplikasi yang bermasalah.
Hapus data dapat digunakan untuk membersihkan aplikasi intensif memori seperti YouTube, Spotify, Google Chrome, atau game.

3.Copot pemasangan aplikasi

Langkah selanjutnya dalam pembersihan memori untuk Android adalah menghapus aplikasi yang jarang digunakan dari sistem.
Apakah semua aplikasi di daftar ponsel sedang digunakan atau tidak? Daripada hanya menyumbat memori internal, lebih baik meng-uninstall aplikasi yang tidak terpakai.
Cukup navigasikan ke menu Pengaturan, pilih opsi Aplikasi, urutkan aplikasi yang ingin Anda hapus satu per satu, lalu pilih Copot Pemasangan Aplikasi.
Memori internal Android kemudian akan tersedia untuk digunakan dalam menyimpan file lain yang lebih penting.

4.Hapus file yang tidak terpakai

Terlalu banyak file tak terpakai yang menumpuk di memori menjadi salah satu penyebab memori internal Android selalu penuh. File jenis ini dapat ditemukan di galeri foto, video dan rekaman audio, selain aplikasi.

Jumlah memori yang dibutuhkan bertambah seiring dengan panjang video atau audio. Di pengaturan, Anda dapat memeriksa file yang menggunakan memori secara tidak efisien.

Pilih Baterai dan pemeliharaan perangkat dari menu Pengaturan, lalu klik Memori, lalu klik Bersihkan Sekarang. Alternatifnya, pilih Storage dan atur secara manual file gambar dan video yang besar untuk dihapus.

5.Atur ulang pabrik

Reset pabrik adalah opsi terakhir untuk mengembalikan memori internal ke keadaan semula. Tujuan reset pabrik adalah mengembalikan pengaturan default ponsel.
Pastikan Anda telah mencadangkan file penting di ponsel cerdas Anda ke lokasi penyimpanan lain, seperti Google Drive, cloud, atau hard drive, sebelum memilih opsi reset pabrik.
Cara melakukan reset pabrik di Android: Buka Pengaturan, pilih Manajemen Umum, klik Atur Ulang, lalu Atur Ulang Data Pabrik, lalu konfirmasikan dengan memilih Atur Ulang Perangkat dan Hapus Semua.

Posting Komentar untuk "5 Cara Ampuh Membersihkan Memory Penuh"