5 Teknik Menggiring Bola Basket(Dribble),Pemula Wajib Pahami

Ragam Pikiran - Saat menggiring bola atau dribbling dalam permainan bola basket, tujuannya adalah untuk mengontrol arah bola sambil memantulkannya berulang kali ke tanah. Bola harus dipantulkan ke lantai setiap kali Anda melangkah, baik saat berlari atau berjalan.

dribble basket
Profesional Dribble  Bola Basket

Teknik menggiring bola memungkinkan Grameds menilai kelincahan pemain bola basket. Mayoritas pemain point guard dapat menggiring bola, bahkan sering kali menempati peringkat di antara penggiring bola terbaik di liga. Jadi jangan heran jika point guard sering menginisiasi bermain untuk tim. Pemain bola basket hebat seperti point guard Stephen Curry, John Stockton, dan Earvin "Magic" Johnson adalah tokoh terkenal dalam olahraga ini.

 Satu atau dua tangan dapat digunakan untuk teknik ini. Dua jenis dribble — dribel tinggi dan dribel rendah — dibedakan berdasarkan ketinggian bola. Pemain biasanya melakukan dribbling tinggi saat dalam posisi bebas. Saat berada di bawah tekanan lawan, pemain sering menggunakan dribbling rendah.

1.Pindah silang(Crossover Move)

Dribbling menyilang digunakan untuk menggerakkan bola. Agar bola yang semula ada di tangan kiri diterima dengan baik oleh tangan kanan, maka dipantulkan ke kanan, begitu pula sebaliknya. Gaya menggiring bola ini, di mana lawan dapat memprediksi arah bola ke arah yang berlawanan setelah disilangkan, dapat dilakukan di area lawan dan dapat mematahkan pergelangan kaki.

2.Dribble Belakang(Behind The Back Dribble)

 Sebenarnya dribble gerak crossover sama dengan dribble jenis ini. Sedikit berbeda, khususnya dalam kaitannya dengan posisi bertahan bola. Dalam bola basket, jelas sulit untuk melakukan dribel ini.

3.Giring Antara Kaki(Between The Legs Dribble)

 Memindahkan bola dari kanan ke kiri sambil mengopernya melalui celah di antara kedua kaki dikenal dengan istilah dribbling. Grameds mungkin awalnya kesulitan untuk mempraktikkannya, tetapi dengan latihan yang gigih, Grameds akan berhasil.

4.Dribble Tinggi atau Kecepatan(High or Speed ​​Dribble)

 Dribble ini sangat ideal digunakan saat melakukan serangan balik cepat atau fast break. Pemain harus bergerak secepat mungkin sambil memegang bola. Pemain bola basket perlu mengembangkan stamina yang prima karena teknik tersebut menghabiskan banyak tenaga.

5.Menggiring Balik(Reserve Dribbles)

 Pernahkah Anda melihat pemain bola basket menggiring bola sambil menggerakkan bola ke sekeliling tubuhnya secara horizontal? Menggiring bola ini membutuhkan keterampilan dan konsentrasi yang tinggi di samping itu.

Posting Komentar untuk "5 Teknik Menggiring Bola Basket(Dribble),Pemula Wajib Pahami"