7 makanan Dapat Menurunkan Penyakit Kolestrol Terbuki Ampuh

 Untuk mengontrol kadar kolesterol jahat atau LDL yang dapat menyebabkan sejumlah penyakit seperti penyakit jantung, orang yang memiliki kolesterol tinggi harus berhati-hati dalam memilih makanan.

Intinya, pola makan dan gaya hidup sehat lebih efektif menurunkan kolesterol tinggi daripada obat resep. Masuk akal bahwa orang yang memiliki kolesterol tinggi dapat menurunkannya tanpa minum obat.

Sakit Kolestrol
ilustrasi sakit kolestrol

Berikut makanan dan cara ampuh menurunkan kolesterol secara alami dan tanpa obat:

1.Hindarai Makanan Trans

Mengkonsumsi lemak trans dapat membahayakan kesehatan seseorang karena dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menurunkan kadar kolesterol baik, menurut American Heart Association (AHA) (HDL).

Margarin, minyak nabati dengan aditif terhidrogenasi, gorengan, dan isi perut daging sapi, domba, dan kambing adalah beberapa sumber lemak trans.

2.Buah Alpukat

Lemak tak jenuh tunggal dan vitamin K, C, B5, B6, dan E yang terdapat dalam alpukat dapat membantu melindungi dari stroke dan menjaga kesehatan jantung. Selain itu, alpukat dapat mengontrol kadar trigliserida darah dan kolesterol LDL.

3.Jeruk dan Lemon

Buah jeruk seperti jeruk dan lemon diketahui mengandung antioksidan peningkat kekebalan tubuh vitamin C. Selain itu, buah ini memiliki pektin (serat), senyawa limonoid, yang dapat memperlambat aterosklerosis (pengerasan pembuluh darah), dan hesperidin, yang dapat mengurangi gejala aterosklerosis. hipertensi dan menurunkan kolesterol darah.

4.Buah Apel

Plus, makan apel bisa menurunkan kadar kolesterol darah. Menurut sebuah studi tahun 2011 di International Journal of Preventive Medicine, makan 300 gram apel setiap hari selama delapan minggu dapat menurunkan kolesterol. Menurut peneliti, ini terkait dengan kandungan polifenol dan serat apel.

5.Teh Hijau

Menurut meta-analisis dari 14 studi, minum teh hijau setiap hari selama setidaknya dua minggu mengurangi kolesterol LDL sekitar 2 mg/dL dan kolesterol total sekitar 7 mg/dL. Antioksidan yang ditemukan dalam teh hijau memiliki kemampuan menghentikan kolesterol LDL teroksidasi dan membentuk plak di arteri.

6.Rempah Rempah

Menurut sebuah penelitian, konsumsi bawang putih, kunyit, dan jahe secara teratur dapat menurunkan kolesterol secara signifikan. Misalnya, mengonsumsi satu siung bawang putih setiap hari selama tiga bulan sudah cukup untuk menurunkan kolesterol total hingga 9%.

7.Komsumsi Sayur

Serat sangat penting dalam perjuangan untuk mengurangi kadar kolesterol darah. Dalam situasi ini, selain buah-buahan, sayuran hijau bisa menjadi sumber serat yang baik.
Salah satu pola makan sehat untuk menurunkan kolesterol adalah diet mediterania. Seiring dengan mengkonsumsi banyak buah dan sayuran, diet ini juga merupakan sumber lemak sehat dari sumber seperti ikan, kacang-kacangan, biji-bijian dan minyak zaitun.
Menurut penelitian, orang yang mengikuti diet Mediterania setidaknya selama tiga bulan dapat menurunkan kolesterol LDL rata-rata 8,9 mg/dL.

Posting Komentar untuk "7 makanan Dapat Menurunkan Penyakit Kolestrol Terbuki Ampuh"