Sejarah Kalender Masehi,Fakta Menarik Dalam Sejarah

 Apakah Anda tahu masa lalu kalender Gregorian? Kebanyakan orang menggunakan kalender Gregorian, juga dikenal sebagai Anno Domini, sebagai kalender utama mereka saat ini. Kalender Julian dan Gregorian berfungsi sebagai dasar dari kalender Gregorian ini.

Kalender

 Bagaimana kisah di balik berdirinya kalender Gregorian? Lihat semua informasi tambahan mengenai kalender Gregorian yang akan datang.

Apa Itu Kalender Masehi?

 Skema penomoran atau penanggalan tahun berdasarkan penanggalan Julian dan Gregorian inilah yang dimaksud dengan istilah “kalender Gregorian”. Kalender Gregorian didasarkan pada revolusi bumi mengelilingi matahari, juga dikenal sebagai siklus matahari.

Sejarah Kalender Masehi

 Kalender Julian dan Gregorian berfungsi sebagai dasar kalender Gregorian, seperti yang telah disebutkan. Apa yang dimaksud dengan kalender Julian dan Gregorian?

Sejarah Kalender Julian

 Kalender Julian yang dikenalkan oleh situs History adalah kalender atau sistem penanggalan yang diberlakukan oleh Julius Caesar mulai tahun 45 Sebelum Masehi (SM). Julius Caesar membuat keputusan pada waktu itu bahwa kalender Romawi kuno memerlukan reformasi segera.

 Sosigenes, seorang astronom dari Alexandria, menyarankan Caesar untuk sepenuhnya mengganti siklus bulan dan beralih mengikuti siklus matahari saat membuat kalender barunya.

 Kemudian, setiap empat tahun, Julius Caesar menambahkan satu hari di bulan Februari. Belakangan, kalender Julian diberikan ke kalender ini.

 Caesar juga menetapkan 1 Januari sebagai awal tahun kalender. Dia memberi hari pertama bulan itu nama Janus untuk menghormati dewa permulaan Romawi.

Sejarah Kalender Gregorian

 Kalender Julian diperkirakan memiliki beberapa masalah yang perlu diperbaiki dari perkembangannya. Ini karena metode perhitungan kalender Julian melebih-lebihkan panjang tahun matahari sebanyak 11 menit, menyebabkan kalender tidak sejalan dengan berlalunya musim.

 Gereja di Eropa pada saat itu memahami hal ini. Paus Gregorius XIII kemudian meminta astronom Jesuit Christopher Clavius ​​untuk mengembangkan kalender baru pada tahun 1570-an untuk menyempurnakan kalender Julian.

 Selain itu, Paus Gregorius XIII melembagakan kalender Gregorian untuk pertama kalinya pada tahun 1582. Penambahan satu hari dalam kalender Julian sebelumnya setiap empat tahun dihilangkan demi kalender Gregorian.

 Di sinilah sistem lompatan pertama kali diterapkan. Setiap empat tahun, dengan pengecualian tahun yang tidak dapat dibagi 400, ada tahun kabisat. Referensi untuk kalender Gregorian adalah kalender Gregorian.

 Kemudian, bangsa-bangsa Kristen Katolik mengadopsi kalender Julian, yang merupakan nenek moyang dari kalender Gregorian. seperti di Spanyol, Portugal, dan Italia. Namun, sistem kalender Gregorian juga mendapat tentangan dari sejumlah sumber.

 Kalender Gregorian adalah satu-satunya yang digunakan sebagai pedoman pada tahun 1752 untuk kalender Inggris dan Amerika. Selain itu, banyak negara mulai menggunakan sistem kalender Gregorian, yang masih digunakan sampai sekarang.

Posting Komentar untuk "Sejarah Kalender Masehi,Fakta Menarik Dalam Sejarah"