Waspadai kolesterol tinggi, pahami penyebabnya, dan pelajari cara mengobatinya.

 Lemak darah sebenarnya adalah kolesterol yang memiliki manfaat bagi tubuh meski sering dipercaya sebagai salah satu penyebab berbagai penyakit berbahaya.

Bisa saja membahayakan kesehatan tubuh jika dosisnya terlalu tinggi.

kolestrol tubuh
ilustrasi gejala kolestror

 Sebenarnya, jika ada beberapa faktor penyebabnya baik yang bisa dikontrol maupun yang tidak bisa dikontrol seseorang berisiko terkena kolesterol tinggi.

Riwayat penyakit seperti diabetes, obesitas atau kelebihan berat badan, gagal ginjal kronis, dan hipotiroidisme adalah beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko kadar lemak/kolesterol darah tinggi.

Penyebab paling sering dari kadar kolesterol tinggi dalam tubuh adalah gaya hidup yang buruk, yang mencakup hal-hal seperti merokok, tidak aktif, pesta minuman keras, dan makan makanan tinggi lemak jenuh.

Di masa pandemi ini, menurut dr Franciscus Ari SpPD, dokter spesialis penyakit dalam RS Pondok Indah  Bintaro Jaya, penting untuk rutin memeriksakan komponen lemak darah serta menerapkan pola hidup sehat yang dapat menurunkan kadar kolesterol.

Franciscus Ari menyatakan dalam keterangannya bahwa “salah satu faktor penyebab kadar kolesterol tidak normal yang dapat dimodifikasi adalah gaya hidup”.

Additionally, alterations or mutations in a number of genes that are inherited from both parents can also result in high cholesterol levels.

The body may become unable to store cholesterol in the blood as a result of this mutation. Nevertheless, compared to other factors, this one causes very few cases of high cholesterol.

Selain faktor-faktor tersebut di atas, ternyata orang yang berusia di atas 40 tahun lebih rentan terkena masalah kolesterol. Ini karena kapasitas hati yang menurun untuk menghilangkan kolesterol berbahaya seiring bertambahnya usia.

Kadar kolesterol yang tidak sehat perlu segera diobati. karena kondisi ini dapat mengakibatkan penumpukan plak pada dinding pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Aterosklerosis adalah nama yang diberikan untuk kondisi ini.

Jika aterosklerosis tidak segera diobati, juga dapat menyebabkan penyakit serius lainnya dengan membatasi aliran darah dan menghambatnya.

dimulai dengan batu empedu dan diakhiri dengan gagal ginjal, penyakit arteri koroner, serangan jantung, stroke, penyakit arteri perifer, dan tekanan darah tinggi.

Mengambil suplemen kesehatan yang mengandung minyak biji kismis hitam, anti-inflamasi alami dan kardioprotektif, adalah hal paling sederhana yang dapat Anda lakukan untuk membantu menurunkan kadar lemak darah atau kolesterol tinggi.

Suplemen Omepros dapat memperkuat kapiler, meningkatkan aliran darah, mencegah aterosklerosis, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, suplemen minyak salmon dapat mencegah penggumpalan darah dan penumpukan kolesterol di pembuluh darah, yang membantu menormalkan tekanan darah pada pasien hipertensi, menjaga kesehatan jantung, dan mencegah stroke.

Posting Komentar untuk "Waspadai kolesterol tinggi, pahami penyebabnya, dan pelajari cara mengobatinya."