Mengatasi Burung Kutilang Over Birahi Cabut Bulu

Ragam Pikiran - Sirkulasi darah dan suhu tubuh yang meningkat dapat digunakan untuk menggambarkan atau menunjukkan nafsu yang berlebihan, terutama pada bagian reproduksi yang disebut sebagai nafsu yang berlebihan. Nafsu secara alami meningkat sebagai bagian dari siklus normal, tetapi juga dapat dikendalikan. Pada burung liar, nafsu birahi berkembang secara alami dan dapat dikendalikan oleh individu. 

Pycnonotidae
ilustrasi burung kutilang over birahi

 Namun nafsu birahi dipengaruhi oleh pakan, suhu, dan perlakuan pada burung yang dipelihara sebagai hewan peliharaan. (Baca lebih lanjut tentang cara membedakan kutilang jantan dari kutilang betina.) Saat kutilang kepanasan, terutama dalam kondisi yang keras, mereka sering mengalami berbagai gejala negatif. dimulai dengan kemalasan dan berlanjut menjadi kasar atau sering melukai diri sendiri dengan mencabut bulu sendiri, terutama bulu ekor. Hasilnya adalah ekor berkembang benjolan dan berdarah di pangkalnya. Bagaimana cara mengatasi masalah ini agar kutilang kembali normal dan bulunya segera tumbuh kembali?

Ada langkah-langkah tertentu yang harus dilakukan untuk mengatasi burung kutilang yang mencabuti bulunya karena overestrous, sehingga tidak bisa mengharapkan hasil yang cepat. Itu membutuhkan kesabaran, ketekunan, dan waktu.

Berikut ini lima tahap yang harus dilalui agar hasilnya maksimal:

  • Mengisolasi kutilang bermasalah adalah salah satu metode yang dapat membantu proses pemulihan burung bermasalah. Jauhkan dia dari burung lain dari spesies yang sama atau yang mungkin memicu nafsu birahinya. Proses penyembuhan akan berjalan lebih cepat dan berhasil jika burung diisolasi.
  • Voer untuk sementara dihentikan, sehingga kutilang yang bermasalah tidak perlu diberi makanan kering (voer) selama proses penyembuhan. Sebaliknya, beri mereka buah, terutama pisang. Akibatnya, selama minggu pertama atau kedua pengobatan, sumber makanan utama bagi kutilang yang ketakutan adalah pisang.
  • Bersamaan dengan menghilangkan predator, hindari memberikan makanan tambahan kepada burung selama masa pemulihannya, seperti jangkrik, ulat Hong Kong, dan barang serupa. Selama perawatan, hapus sementara menu EF.
  • Mandi maksimal dua kali sehari (pagi dan sore) dan mandi dua hari sekali
  • Jangan lupa untuk memberikan multivitamin karena kondisi kutilang akan memburuk selama masa pengobatan. Ini terutama karena EF tidak lagi tersedia. Sediakan multivitamin yang bisa dibeli di kios burung agar burung tetap sehat sehingga kondisinya terjaga meski sedang drop.

Saat burung menjalani terapi, Anda dapat memantau perkembangannya setiap hari selama beberapa minggu. Untunglah kutilang telah pulih dalam waktu kurang dari dua minggu. Kutilang akan menghentikan perilaku yang merugikan diri sendiri, seperti mencabuti bulunya, karena terapi ini akan membuat bulunya rontok.

Bulu baru akan tumbuh di bagian yang gundul, termasuk di bagian ekor, begitu burung berhenti mencabuti bulunya. Dalam hal ini, burung dapat kembali dirawat secara teratur. dengan lebih sering memandikannya agar bulunya tumbuh dengan indah dan rapi. (Lihat juga: Kutilang mana yang cocok untuk dipelihara?) (Apakah mereka jantan atau betina?) Perawatan harian dapat dilanjutkan setelah burung berhenti mencabuti bulunya, seperti sebelum kepanasan.

Ini adalah beberapa saran singkat untuk menangani kutilang yang mencabut bulu karena panas yang ekstrim.

mungkin berguna

Posting Komentar untuk "Mengatasi Burung Kutilang Over Birahi Cabut Bulu"