ternak ikan Cara memulai Bisnis Buat Pemula pasti Berhasil

Ragam pikiran - Siapa sangka, jika dilakukan dengan benar dan serius, budidaya ikan bisa menjadi pilihan investasi yang menguntungkan? Budidaya ikan merupakan salah satu instrumen investasi yang potensial karena permintaan yang tidak pernah menurun secara signifikan dari waktu ke waktu. Dapat dikatakan bahwa industri budidaya ikan ini tidak bersifat musiman yang hanya menguntungkan pada waktu-waktu tertentu saja, mengingat ikan merupakan salah satu hewan yang wajib dikonsumsi sebagai pengganti lauk pauk daging atau ayam. Anda mungkin berpikir untuk memulai bisnis ini jika saat ini Anda memiliki tabungan, dana pensiun, uang pesangon, atau dana surplus lainnya, terutama jika Anda tinggal di lingkungan atau desa. Lihat penjelasan di sini untuk contoh bagaimana industri budidaya ikan dapat digunakan sebagai pilihan investasi yang potensial.

ternak ikan
foto : ternak ikan

Menurut data Fisheries and Oceans Canada (KKP), masyarakat Indonesia hanya mengonsumsi 31,5 kg ikan per orang pada tahun 2011. Dibandingkan dengan Malaysia yang rata-rata per tahunnya adalah 55,4 kg/kapita, jumlah tersebut jauh lebih rendah. Namun dibandingkan dengan Malaysia, Indonesia terus mengalami peningkatan konsumsi ikan setiap tahunnya.

Menurut informasi terbaru Kementerian Kelautan dan Perikanan di situs resminya, konsumsi ikan meningkat 69,17% pada tahun 2021. Saat ini, setiap orang mengonsumsi 55,37 kg ikan. Jika dibandingkan dengan tingkat konsumsi ikan pada tahun 2020 yang hanya sebesar 54,56%, angka tersebut meningkat sebesar 1,48%.

Berdasarkan informasi konsumsi ikan tahun 2011, industri perikanan menghasilkan 12,39 juta ton ikan yang terdiri dari 5,41 juta ton hasil tangkapan langsung dan 6,98 juta ton hasil budidaya.

Ternyata budidaya ikan air tawar menyumbang hingga 1,1 juta ton produksi budidaya, dengan tambak air payau, ikan laut, keramba, dan budidaya jaring apung masing-masing menempati urutan kedua dan ketiga.

Pertama, pemerintah menargetkan konsumsi ikan per kapita mencapai 59,53 kg pada 2022 dan 62,5 kg pada 2024.

Karena permintaan pasar untuk budidaya ikan terus meningkat setiap tahun, diikuti dengan dukungan pemerintah, data ini dapat digunakan sebagai bukti bahwa ini bisa menjadi bisnis investasi jangka panjang yang layak.

Persiapan Memulai Usaha Ternak Ikan

Anda harus mempersiapkan beberapa hal sebelum memulai usaha budidaya atau budidaya ikan, antara lain lahan khusus untuk budidaya ikan, bibit ikan terbaik, pakan, dan tata cara panen ikan.
Artikel ini akan membahas langkah-langkah dan tahapan persiapan untuk meluncurkan usaha budidaya ikan air tawar untuk mewujudkan peluang bisnis yang menjanjikan.

1. Lahan atau Lokasi Ternak Ikan

Secara umum, memilih lahan terbaik untuk budidaya melibatkan memastikan kolam ikan akan menerima paparan sinar matahari yang cukup. Namun, prosedur yang berbeda harus diikuti untuk setiap jenis ikan segar, termasuk pemilihan lokasi kolam budidaya.

Selain itu, Anda dapat memilih jenis kolam budidaya yang ideal berdasarkan biaya atau modal awal. Kolam tanah, kolam beton, kolam terpal, dan akuarium atau tangki air biasa adalah empat jenis media budidaya ikan.

2. Benih Ikan Air Tawar Terbaik

Benih ikan berkualitas tinggi adalah jenis benih ikan air tawar terbaik untuk digunakan. Untuk mempermudah pemeliharaan, Anda bisa memilih spesies ikan berdasarkan lingkungan atau lokasi kolam Anda.

Untuk mempersingkat waktu panen, pilihlah bibit ikan air tawar yang sehat. Pasalnya, dengan menggunakan bibit ikan air tawar kualitas terbaik, waktu budidaya bisa dipersingkat setengahnya dari estimasi waktu panen.

3. Tabur Benih Ikan Sesuai Kapasitas dan Ukuran Kolam

Anda harus mengetahui kepadatan penebaran benih ikan yang tepat untuk kolam Anda sebelum menabur benih ikan apa pun. Ini memungkinkan Anda untuk memperkirakan berapa banyak benih yang harus Anda simpan.

Jika ingin ternak ikan nila misalnya. Hingga 500 benih dapat ditanam di kolam berukuran 2 x 3 meter, dengan padat tebar 80–100 ekor per meter persegi.

Akibatnya, ukuran kolam ternak secara langsung mempengaruhi jumlah benih ikan yang dapat dibudidayakan. Kematian ikan akibat stres dapat dikurangi dengan menyesuaikan jumlah benih dengan ukuran kolam sehingga ikan dapat beradaptasi dengan suhu dan kadar oksigen yang tepat.

4. Pakan dan Suplemen Ikan

Untuk pakan ternak lele, ada berbagai ketentuan. Ada aturan tentang ikan yang tidak boleh diberi makan setiap hari. Pedoman pemberian pakan pada setiap jenis ikan air tawar harus dipahami.
Setiap ikan harus mengikuti pedoman dosis khusus saat menerima vitamin atau suplemen yang dibuat khusus untuk ikan. Jika Anda tidak mengikuti pedoman pemberian pakan dan suplemen, ikan dapat mengalami kecanduan, yang akan memperburuk ukuran atau berat badannya.

5. Suhu Udara

Suhu kolam ikan yang digunakan untuk budidaya dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan ikan. Suhu kolam ikan yang ideal adalah antara 25 dan 30 °C.

Perhatikan aliran udara dan kadar oksigen yang dibutuhkan untuk setiap jenis ikan. Seberapa sering, misalnya, air harus diganti dan kolam dibersihkan?

6. Perawatan Ikan, Kolam, dan Ekosistem

Anda harus mengetahui ekosistem kolam dan keadaan saat ini untuk merawat ikan dengan baik. Perhatikan kualitas air kolam, seberapa sering perlu diganti, dan apakah diperlukan sistem air yang mengalir.

Periksa kolam untuk melihat apakah ada kotoran yang juga berasal dari sisa pakan. Dalam kebanyakan kasus, sisa pakan ikan berpotensi untuk membiakkan bakteri yang berbahaya bagi benih ikan.

Perhatikan apakah ada ikan yang menunjukkan tanda-tanda penyakit atau hama tertentu. Jika sudah, pisahkan ikan dan pelihara di kolam terpisah hingga pulih sepenuhnya. Untuk mengurangi penyebaran hama dan penyakit yang membunuh ikan dalam jumlah besar, perhatikan baik-baik kesehatan setiap individu ikan.

7. Panen Ikan Air Tawar

Tahap pemanenan ikan air tawar merupakan tahap akhir. Setelah langkah-langkah yang disebutkan di atas diselesaikan dengan benar, Anda dapat memanen ikan saat diharapkan. Selain itu, pemberian pakan dan suplemen yang tepat dapat mempersingkat waktu panen.

Posting Komentar untuk "ternak ikan Cara memulai Bisnis Buat Pemula pasti Berhasil"