5 Alasan Mengapa Anda Mungkin Merasa Kedinginan

 Biasanya, suhu udara yang sangat dingin inilah yang menghasilkan tubuh yang menggigil. Dalam upaya mempertahankan suhu internalnya, tubuh berusaha mengerut, yang pada akhirnya membuat kita merasa menggigil. Hanya saja, menurut para profesional medis, beberapa masalah kesehatan dapat menyebabkan kedinginan yang tiba-tiba.

Banyak faktor yang dapat memicu tubuh menggigil

Para profesional kesehatan memperingatkan kita agar tidak meremehkan gejala tubuh yang berhubungan dengan flu. apalagi jika udaranya tidak sedingin itu.

Berikut ini adalah beberapa penyebab potensial.

Apakah kamu demam?

wanita kedinginan
foto : wanita kedinginan

Akan menemui gejala seperti badan menggigil jika kita mengalami demam tinggi. Jika suhu tubuh melebihi 37,7 derajat Celcius, penyakit ini berkembang. Demam biasanya disebabkan oleh respons tubuh untuk melawan berbagai infeksi, organ yang meradang, atau saat menderita alergi.

Tubuh akan menunjukkan gejala seperti badan menggigil hingga munculnya gejala mirip flu saat sedang demam. Biasanya penyakit ini akan sembuh dengan sendirinya.

Hanya saja kita dapat mempercepat proses penyembuhan demam dengan minum lebih banyak air atau mengonsumsi obat penurun demam jika kita ingin segera melanjutkan aktivitas normal kita.

Keadaan hipoglikemik

Gangguan yang disebut hipoglikemia menyebabkan kadar gula darah menjadi lebih rendah dari biasanya. Menggigil adalah salah satu gejala penyakit ini. Biasanya, hipoglikemia disebabkan oleh tubuh yang tidak lagi menerima makanan setelah berpuasa dalam waktu lama.

Selain itu khas dari mereka yang memiliki masalah diabetes adalah kondisi ini. Mereka sering berjuang untuk mempertahankan kadar gula darah yang stabil, yang pada akhirnya menimbulkan gejala termasuk lemas, kedinginan, dan lapar saat kadar gula darah turun. Hanya jika kita mulai makan atau memperbaiki pengaturan gula darah, gejala-gejala ini akan hilang.

Situasi hipoglikemia juga dapat menyebabkan tubuh mengalami keringat dingin, jantung berdebar-debar, kelainan penglihatan, dan kejang-kejang selain menggigil. Kondisi pasien diabetes berpotensi mengakibatkan kematian!

Hipotiroid

Ketika kelenjar tiroid tidak dapat berfungsi dengan baik, hipotiroidisme berkembang. Hal ini berdampak negatif yang signifikan terhadap sistem metabolisme tubuh. Kondisi ini ternyata membuat tubuh lebih rentan terhadap suhu dingin, membuat keadaan menggigil lebih mudah dirasakan.

Selain menyebabkan tubuh gemetar, hipotiroidisme juga dapat menyebabkan gejala lain seperti kenaikan berat badan yang tiba-tiba dan dramatis, pembengkakan pada wajah, otot lemah, nyeri, dan kaku, rambut rapuh, kuku, dan kulit, sembelit, serta risiko depresi yang lebih tinggi.

Efek samping dari banyak obat

Beberapa obat memiliki efek samping yang tidak diinginkan, seperti menggigil. Hanya saja obat-obatan ini biasanya dapat dibeli di pasaran tanpa resep dokter. Selain itu, jika dikonsumsi secara sembarangan atau melebihi dosis yang dianjurkan, beberapa vitamin atau produk herbal juga dapat menyebabkan gejala tersebut.

Kita harus selalu mencari bimbingan dokter atau apoteker untuk mendapatkan obat yang aman dan dosis yang tepat agar terhindar dari efek negatif.

Efek samping obat anestesi

Sebenarnya, obat bius tidak selalu menimbulkan efek samping dari tubuh yang menggigil, tetapi sebagian orang melakukannya, terutama setelah operasi. Setelah kita terbangun, efek obat bius ini tetap menyebabkan suhu tubuh kita menjadi lebih rendah dari biasanya, yang membuat kita merasa cemas.

Posting Komentar untuk "5 Alasan Mengapa Anda Mungkin Merasa Kedinginan"