10 metode untuk menjaga jenggot yang bersih dan sehat

 Menumbuhkan janggut penting bagi sebagian pria karena dapat meningkatkan kepercayaan diri. Namun, banyak pria tidak memiliki pengetahuan yang diperlukan untuk merawat janggut mereka dengan baik. Cobalah tips menjaga jenggot ini.

Cara merawat jenggot dengan mudah

 Sebelum membahas lebih detail tentang cara merawat jenggot, perlu diperhatikan bahwa jenggot yang sehat tidak menyebabkan kulit kering, gatal, atau iritasi di sekitarnya

Jenggot akan tumbuh lebih baik jika wajah Anda memiliki kulit lembab yang tahan terhadap iritasi. Selain itu, penampilan dapat dipengaruhi oleh seberapa terawat kumis dan jenggot.

Berfokus pada tepi jenggot, menjaga kerapian, dan menggunakan nutrisi untuk kulit dan jenggot adalah beberapa aspek penting dari perawatan jenggot. Anda bisa mencoba teknik perawatan jenggot berikut ini, antara lain

1. Mencukur jenggot Anda terlihat seperti huruf U

 Langkah pertama dalam merawat jenggot adalah dengan mencukur dengan benar. Ingatlah bahwa setiap pria memiliki garis janggut yang memanjang ke pipi atau dagunya. Sementara di leher beberapa pria, jenggotnya tumbuh lebat.

 Lalu bagaimana Anda memilih garis jenggot yang tepat? Rahasianya adalah Anda dapat menemukan garis pangkal janggut dengan meletakkan satu jari di Jakun. Sebelum menggunakan pisau cukur, Anda bisa menggunakan teknik ini untuk menentukan garis dari titik lurus di leher.

 Setelah itu, Anda dapat mulai mencukur dengan membentuk huruf " U " dari belakang kedua telinga atau dari belakang garis rahang, mulai dari titik di atas Jakun.

2. Merawat kulit dan jenggot secara bersamaan

 Banyak pria percaya bahwa memelihara jenggot hanyalah masalah merawat rambut seseorang. Pada kenyataannya, menjaga kesehatan kulit di sekitarnya sama pentingnya. Ini penting untuk mengurangi rasa gatal atau infeksi.

 Cara merawat jenggot dalam kaitannya dengan merawat diri sendiri sebelum dan sesudah bercukur. Anda harus memastikan bahwa kulit tetap bersih selain menjaga rambut wajah dan mencukur dengan pola tertentu.

3. Menerapkan balsam atau minyak jenggot

 Memanfaatkan minyak jenggot atau balsam tertentu adalah langkah selanjutnya dalam perawatan jenggot. Minyak jenggot memiliki sifat mendinginkan dan melembapkan yang dapat mendorong pertumbuhan jenggot.

 Disarankan untuk menggunakan minyak jenggot di pagi hari setelah mandi untuk mendapatkan hasil terbaik. Folikel rambut terbuka pada saat itu, sehingga memudahkan minyak untuk menembus.

 Beard balsam, di sisi lain, sangat membantu untuk menata jenggot untuk membantu memberikan bentuk dan volume. Balsam juga dapat menghilangkan bau, membantu menjaga kelembapan, dan melindungi rambut dari kotoran.

Lidah buaya, teh hijau, atau minyak camelina semuanya bisa ditambahkan ke balsam agar lebih manjur.

4. Gunakan kondisioner dan sampo

 Pria berjanggut harus keramas secara teratur setidaknya dua kali seminggu. Untuk mencegah jenggot menjadi kasar, gunakan kondisioner selain sampo.

 Sampo dengan lidah buaya dan minyak peppermint adalah pilihan kaya nutrisi untuk sampo jenggot. Shampo ini diduga mampu melembutkan dan melembapkan jenggot. Anda dapat mengganti penggunaan sampo dengan menggunakan kondisioner dengan keseimbangan pH yang akan memperkuat helaian rambut, mengurangi kerusakan, dan melembutkannya.

5. Mencukur secara teratur

 Jika panjang jenggot Anda tidak terlalu panjang, maka akan terlihat rapi. Cukur jenggot segera dengan peralatan yang tepat agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari Anda. Untuk memangkas jenggot dengan cepat, alat pemangkas harus memiliki pisau yang tajam.

6. Disisir secara konsisten

 Menyikat jenggot secara teratur sama pentingnya dengan menyikat rambut di kepala. Cara merawat kumis dan jenggot ini dapat memberikan penampilan yang lebih halus. Menyisir secara teratur akan membuat rambut lebih teratur dan memastikannya tumbuh ke arah yang benar pada kumis atau jenggot.

 Jenggot juga bisa tampak kering, sama seperti rambut. Gunting kuku dapat digunakan sebagai bantuan untuk mengatasi hal tersebut. Rapikan ujung rambut yang keriting atau kusut, lalu sisir dengan sisir bergigi rapat.

7. Menjaga kebersihan mulut yang baik saat terjaga

 Beberapa pria sering mengabaikan informasi ini dalam hal perawatan kumis dan jenggot. Menjaga kebersihan di daerah sekitar mulut memang sangat penting. Pada jenggot dan kumis, bakteri dan kuman dapat lebih mudah bersarang dan menyebar ke orang lain.

 Alhasil, ingatlah untuk menyikat gigi secara rutin, setelah makan, usap area sekitar mulut dengan tisu, dan rapikan rambut.

8. Konsumsilah makanan yang seimbang.

 Meskipun tidak ada makanan khusus yang dapat menjaga kesehatan jenggot, menjaga pola makan yang seimbang dan sehat juga secara tidak langsung dapat memengaruhi penampilan kulit dan rambut Anda.

 Biotin dan vitamin B kompleks merupakan dua suplemen yang dapat menguatkan rambut. Namun, belum ada bukti nyata untuk klaim tersebut. Untuk mencapai hasil terbaik, dapatkan saran medis.

9. Dapatkan istirahat yang cukup.

 Petunjuk perawatan untuk jenggot Ini adalah sesuatu yang hampir identik dan disarankan untuk menangani berbagai masalah kesehatan. Menurut sebuah penelitian, seseorang yang kurang tidur mungkin mengalami pertumbuhan janggut yang lebih lambat. Oleh karena itu, Anda harus menjaga jadwal tidur yang baik jika ingin memiliki kondisi jenggot yang sehat dan lebat.

10. Tunggu sebelum mencukur jenggot Anda.

 Sangat mudah untuk merawat jenggot terakhir. Satu-satunya pilihan adalah menahan diri untuk tidak mencukurnya selama beberapa bulan. Jangan terburu-buru mencukur jenggot jika ingin membentuknya sesuai keinginan.

 Anda dapat mulai menumbuhkan janggut setelah beberapa bulan tidak bercukur. Anda juga tidak membutuhkan produk penumbuh jenggot jika jenggot sudah tumbuh tebal dan merata. Ikuti terus perawatan rutin sambil membiarkan jenggot tumbuh secara alami.

 Itulah beberapa cara merawat jenggot yang bisa Anda lakukan. Nasib baik.

Posting Komentar untuk "10 metode untuk menjaga jenggot yang bersih dan sehat"